Pembelajaran Berbasis TIK

TIK sebagai media pembelajaran.

    Media pembelajaran yang dipilih untuk menunjang proses pembelajaran harus sesuai dengan metode pembelajaran yang digunakan. Misalnya, tujuan pembelajaranya“peserta didik
diharapkan terampil menggunakan komputer”
, dengan media pembelajaranya adalah komputer secara nyata (realita), maka metode pembelajaran yang tepat untuk digunakan adalah yang sifatnya praktis seperti metode latihan, bukan dengan metode ceramah atau yang lain. Penggunaaan metode dan media pembelajaran yang bervariasi akan mampu menciptakan suasana pembelajaran, mendorong motivasi belajar dan memudahkan memahami konsep yang abstrak atau rumit ( Munir, 2008 : 141 )
  
   Adapun bebrapa metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran melalui TIK adalah seperti :
Cooperative Learning,
Collaborative Learning,
Reseources–based learning,
Problem based learning,
Project–base learning,
Discovery learning,
Independent learning.
   
    Dalam hal ini terdapat beberapa pemanfaatan TIK secara langsung seperti diuraikan di bawah ini yakni:
(1) Sebagai ketrampilan ( skill) dan kompotensi
(2) sebagai infrastruktur pembelajaran
(3) sebagai bahan sumber
(4) sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran
(5) sebagai pendukung manejemnt pebelejaran, dan
(6) sebagai sistem pendukung keputusan

a.Kelebihan-kelebihan TIK.
Cepat, konsisten, jitu, kepercayaan, meningkatkan, produktifitas, mencetuskan kreatifitas.

b. Sasaran TIK.
1. Meningkatkan evektifitas, dan evesiensi kerja
2. Memangkas jalur
3. Memperluas akses terhadap pihak lain
4. Memudahkan pengawasan langsung pada obyek
5. Dapat mengevaluasi setiap saat untuk perencanaan berikutnya
6. Dapat memberi keputusan pasti.

Itulah beberapa fungsi dan perannya penggunaan TIK sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air kita, dan diharapkan dapat merata serta terjangkau di semua pelosok dimana pendidikan itu berada.


Sumber : http://itanem.blogspot.com/2010/03/model-pembelajaran-berbasis-tik.html


Pembelajaran Berbasis TIK
Februari 8, 2008 — awan sundiawan
Pembelajaran adalah suatu proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Belajar dalam pengertian aktivitas dari peserta didik (pelajar) dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku yang bersifat relatif konstan
Belajar itu Mencari Apa?
  1. Pengetahuan
  2. Ketrampilan
  3. Teknik
  4. Sikap
  5. Pengalaman
Belajar Meningkatkan Kecerdasan
  1. Linguistik: kecerdasan kata-kata
  2. Logika-matematika: kecerdasan nomor & sebab-akibat
  3. Spasial: kecerdasan image & gambar-gambar
  4. Musikal: kecerdasan tone, thythm, dan timbre
  5. Interpersonal: kecerdasan memahami sosial
  6. Intrapersonal: kecerdasan memahami diri sendiri
Perubahan Dalam Pembelajaran
1. Pembelajaran terpusat pada Siswa
2. Pembelajaran mengarah pada pemecahan masalah Pembelajaran Aktif
3. Pembelajaran berbasis proyek
Efektifitas Pembelajaran
Efektif 30%
1. Guru yang baik
2. Fasilitas pendidikan yang baik
3. Bahan ajar yang bermutu baik
4. Adanya kemauan dari siswa
Efektif 50%
1. Laboratorium
2. Alat peraga
Efektif 90%
1. Multimedia
2. Simulasi Interaktif
Efektif 100%?
Kemampuan Memori Memahami Pengetahuan
10 % Membaca
20 % Mendengar
30 % Melihat
50 % Melihat & Mendengar
80 % Berbicara
90 % Berbicara dan melakukan (interaktif)
Media Pembelajaran
Segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan (pengetahuan, ketrampilan, dan sikap), serta dapat merangsang pikiran, perasan, perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan, dan terkendali
Peran TIK dalam Pembelajaran
Pengertian TIK
  1. Teknologi; cara mensinergikan peralatan yang digunakan (hardw/softw), supaya mampu dimanfaaatkan maksimal
  2. Informasi ; text, grafik, gambar, audio, video, animasi yang mampu memberikan makna bagi orang lain.
  3. Komunikasi; hubungan satu dengan lainnya untuk saling bertukar data dan informasi
  4. Komputer; suatu peralatan (hardware/ Software) yang digunakan untuk mengelola konten informasi
  5. Konten; informasi seperti; text, grafik, gambar, audio, video, animasi yang mampu memberikan makna bagi orang lain.
Potensi TIK Dalam Pembelajaran
  1. Searching; search engine
  2. Collecting, MP3, garfik, animasi, video
  3. Creating, membuat web, membuat game
  4. Sharing, web pages, blog
  5. Communicating, e-mail, IM, chat
  6. Coordinating, workgroups, mailing list
  7. Meeting, forum, chatroom
  8. Socializing, beragam kelompok sosial on line
  9. Evaluating, on line test, on line advisor
  10. Buying-Selling on line
  11. Gaming, game on line
  12. Learning, jurnal on line, riset on line
http://awan965.files.wordpress.com/2007/03/smp2.jpg
Keunggulan Multimedia Pembelajaran
  1. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron
  2. Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gunung, laut, gajah, dll
  3. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit, dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, berkembangnya bunga, dll
  4. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh seperti bulan, bintang, matahari,salju, dll
  5. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi
  6. Meningkatkan daya tarik siswa
Komponen Multimedia
  1. Teks
  2. Foto
  3. Gambar
  4. Audio
  5. Video
  6. Animasi
Gambar Diam
  1. Menampilkan satu objek tunggal
  2. Memberi kesempatan audience utk mengamati lebih lama
  3. Bisa menunjukkan hubungan skematik atau struktur
Gambar Bergerak
  1. Visualisasi proses
  2. Membawa audience untuk memperhatikan sesuatu detil
  3. Menunjukkan hubungan antar objek
Animasi
  1. Memvisualisasikan gagasan/khayalan
  2. Menghidupkan sesuatu yang mati, diam
  3. Menyederhanakan proses yang rumit, sulit
  4. Menggantikan atau menirukan benda sebenarnya
  5. Mempercepat atau memperlambat
Simulasi
  1. Menunjukkan sebab akibat
  2. Virtual laboratorium
Teks
  1. Menyederhanakan konsep yang rumit
  2. Perlu kesamaan, kesepakatan persepsi/budaya
Suara, Musik, FX
  1. Mendukung gambar
  2. Menyampaikan pesan verbal
  3. Membangun suasana
  4. Membangun emosi
Pengertian Lab. Multimedia
  1. Merupakan fungsional laboratorium (tempat praktikum) yang mampu memfasilitasi beberapa aktivitas praktikum sekolah dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  1. Yang dimaksud beberapa aktivitas praktikum sekolah adalah aktivitas praktikum yang tidak dapat dilayani oleh laboratorium konvensional (Lab. Bahasa, Lab. IPA, dan Lab. Komputer), tetapi dapat dilayani oleh Laboratorium Multimedia dengan menggunakan teknologi multimedia dan simulasi komputer
Layanan Lab. Multimedia
  1. Interaksi antara Guru-Murid dan Murid-murid
  2. Penayangan Video Pembelajaran
  3. Latihan Mata Pelajaran Interaktif (online)
  4. Simulasi Kasus berbasis multimedia
  5. Operasionalisasi eAudioBook
  6. Operasionalisasi eBook
  7. Menyediakan Ensiklopedi Digital
Isi Lab. Multimedia
Hardware:
  1. Komputer (1 Server, 1 guru, 1 produksi, 40 siswa) dalam Jaringan
  2. Head Set, Webcam (sejumlah komputer yang ada)
  3. LCD, Screen Proyektor, Audio Mixer, digital Camera, Video Camera, Tape player/recorder, Sound system, White Board, Meja-Kursi
  4. AC, Almari, Rak (Server, CD, Buku)
Software:
  1. Sistem Operasi Berlisensi
  2. Network Administration & Network Communication (NetMeeting)
  3. Software Lab. Bahasa (NetOP Teacher & NetOP Student)
  4. Software Pembelajara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar